Walikota Dan Wakil Meresmikan POCADI Kota Metro

0

METRO Grahapost – Walikota Metro bersama Wakil Walikota Metro meresmikan Pojok Baca Digital (POCADI) Kota Metro, di area Taman Merdeka Kota Metro, Rabu (23/12/2020).

Melalui zoom meeting Kepala Perpustakaan Nasional RI yang diwakilkan dr. Joko Santoso, menyampaikan sambutan bahwa literasi memiliki kontribusi yang positif dalam rangka membantu menumbuhkan kreativitas dan inovasi serta meningkatkan keterampilan dan kecakapan sosial yang sangat dibutuhkan pada era revolusi ini.

Sebagaimana diketahui bahwa satu momentum baik didalam pembangunan nasional dibidang perpustakaan masuk didalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional sesuai dengan Peraturan Presiden No 18 Tahun 2020, pembangunan nasional bidang perpustakaan masuk didalam program sosial dan salah satu agenda revolusi mental dan kemampuan kebudayaan. Pembangunan Nasional perpustakaan hal ini masuk keprogram prioritas Nasional yaitu meningkatkan daya iteraksi dan kreativitas sebagai salah satu program prioritas nasional.

Lanjutnya, Kepala Dinas Perpustakaan Kota Metro Syahri Ramadhan, pelaksanaan kegiatan peresmian pojok baca digital menjadi salah satu perpustakaan yang sesuai dengan kemajuan teknologi dan informasi dan komunikasi serta kebutuhan masyarakat, memberikan kemudahan akses informasi bagi masyarakat dan dapat mendukung wujudnya visi Kota Metro sebagai Kota pendidikan.

“Sebelumnya sudah melakukan rapat-rapat berdasarkan petunjuk Walikota terhadap dinas-dinas terkait diantaranya yaitu Bappeda Kota Metro yang telah mengkoordinasikan anggaran APBD, dari Dinas Pekerjaan Umun yang telah selesai menyiapkan bangunan untuk lokasi POCADI di areah taman Kota Metro, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Metro telah menyediakan jaringan internet WiFi dan CCTV, Satuan Polisi Pamong Praja telah menyiapkan personil untuk pengawasan POCADI, Dinas perumahan dan permukiman Kota Metro menyiapkan listrik, Dinas Lingkungan hidup yang telah menyiapkan kotak sampah diarea POCADI”, ujarnya.

Pojok baca digital telah diterima tempo hari secara beberapa tahap, adapun fasilitas-fasilitas yang diberikan salah satunya seperti buku sebanyak 150 judul, 3 unit komputer, 1 unit digital, 1 unit Lcd Tv, 1 unit Tv Wall Bracket, 1 unit perangkat power bank yps, serta paket interior jaringan komunikasi, dan 3 unit perangkat tablet android.

Lanjutnya,Walikota Metro, Achmad Pairin, menyampaikan terima kasih kepada Perpustakaan Nasional RI atas bantuan Pojok Baca Digital yang diberikan kepada Pemerintah Kota Metro.

“Semoga pojok baca digital dapat menambah semangat  serta menggugah kesadaran kita akan pentingnya budaya literasi dengan memanfaatkan dan mengembangkan perpustakaan berbagai pusat belajar masyarakat, sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Kota Metro, serta dapat menambah semangat serta menggugah kesadaran kita akan pentingnya budaya literasi dengan memanfaatkan dan mengembangkan perpustakaan sebagai pusat belajar”. Pungkasnya. (*).

Facebook Comments