Pemkab Dan DPRD Memperingati Hari Jadi Kabupaten Tanggamus ke-26 Tahun Dengan Melangsungkan Sidang Paripurna Istimewa

0

Grahapost.com Tanggamus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tanggamus memperingati hari jadi Kabupaten Tanggamus ke-26 tahun dengan melangsungkan sidang paripurna istimewa di kantor DPRD Tanggamus, Selasa (21/03/2023).

Pemkab) dan DPRD Tanggamus

Bupati Dewi Handajani dalam sambutannya menyampaikan Kabupaten Tanggamus berdasarkan Undang-Undang Nomor 02 Tahun 1997 tentang Pembentukan Kabupaten Daerah Tingkat II Tulang bawang dan Kabupaten Daerah Tingkat II Tanggamus, pada 21 Maret ditetapkan sebagai lahirnya Kabupaten Tanggamus dan kita peringati setiap tahunnya.

“Semoga peringatan hari bersejarah ini menjadi momentum Evaluasi dan Instropeksi terhadap apa yang telah kita sumbangkan untuk Kabupaten Tanggamus, khususnya dalam mendorong terciptanya Kabupaten Tanggamus yang Tangguh, Agamis, Mandiri, Unggul dan Sejahtera”.

“Di hari paling bahagia bagi kabupaten tercinta, saya mengucapkan selamat ulang tahun ke-26 Kabupaten Tanggamus, kebanggaan kita semua, Bumi Begawi Jejama, yang dicintai lebih dari 640 ribu warganya dari ujung Kecamatan Pugung sampai ujung Kecamatan Pematang Sawa, dari ujung Kecamatan Ulu Belu sampai ujung Kelumbayan. Kabupaten dengan 20 Kecamatan dan 302 Pekon/Kelurahan ini kerap dijuluki Tangga Menuju Sukses, Tangga Menuju Surga. Tanggamus memang keren,” ujarnya.

“Sebagai masyarakat Tanggamus kita wajib bersyukur dengan menjadikan hari kelahiran Tanggamus sebagai inspirasi dan motivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan daerah ini, dengan karya dan prestasi, lalu kita bingkai catatan perjalanan hari ini dan ke depan dengan kerja produktif demi meraih cita-cita dan harapan akan masa depan,” tambahnya.

Kemudian seperti diketahui bersama, selama tiga tahun terakhir, pandemi Covid-19 melanda Kabupaten Tanggamus dan seluruh dunia. Merusak sendi-sendi kehidupan kita, dan syukur Alhamdulillah Pandemi saat ini sudah dapat kita kendalikan. Dengan segala keterbatasan akibat dampak pandemi, kita masih bisa terus bekerja keras memberikan yang terbaik bagi kabupaten dan warga
masyarakat kita tercinta.

Sebagai contoh dalam proses penyelenggaraan pemerintahan, kita telah berusaha melakukan perubahan sungguh-sungguh untuk membangun pemerintahan yang baik, serta memberikan pelayanan publik yang sebaik-baiknya, dengan membudayakan pelayanan RATU (Ramah, Amanah, Tegas dan Unggul), memenuhi rasa keadilan masyarakat, meningkatkan kesejahteraan,dan mendahulukan kepentingan rakyat, tegas Bupati.

Di sisi lain, Ketua DPRD Heri Agus Setiawan mengucap syukur di hari lahir Kabupaten Tanggamus yang ke-26 ini. Ia pun mengajak seluruh elemen masyarakat bersatu untuk terus memajukan Kabupaten Tanggamus tercinta ini.

“Alhamdulillah, tahun ini kita telah melewati berbagai bencana global. Salah satunya Covid-19 yang telah menghabiskan energi kita, terganggunya perekonomian yang berimbas kepada menurunnya tingkat kesejahteraan masyarakat tidak terkecuali di Kabupaten Tanggamus,” kata Ketua DPRD Heri Agus Setiawan dalam paripurna istimewa HUT ke-26 Kabupaten Tanggamus, Senin 20 Maret 2023.

Menurut Heri, tantangan ke depan jauh lebih sulit dalam rangka memulihkan perekonomian di Kabupaten Tanggamus. Tidak ada kata lain, semua harus bergandengan tangan antara pemerintah, DPRD, Forkopimda dan seluruh elemen yang ada di Tanggamus untuk mendukung program-program pemerintah guna terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

”Marilah kita jadikan momentum yang baik ini untuk melanjutkan pembangunan di Kabupaten Tanggamus,” ujarnya.

Sementara capaian positif Kabupaten Tanggamus dilihat dari beberapa indikator pembangunan menunjukkan perbaikan yang lebih baik, diantaranya:
1. Indeks Pembangunan Manusia.

2. Angka Kemiskinan Tanggamus tahun 2022 berhasil turun di angka 10,98 persen.

3. Angka Pertumbuhan Ekonomi di angka 4,16 persen dari tahun sebelumnya 2,3 persen.

4. Indeks Kepuasan Masyarakat di angka 86,43 dari 70,93.

5. Jumlah Sekolah di Kabupaten Tanggamus saat ini Meningkat.

6. Untuk rogram Semua Bisa Sekolah (SBS).

7. Pada Bidang Kesehatan, kita telah melaksanakan pembangunan fasilitas kesehatan berupa 2 unit baru Puskesmas.

8. Ketersediaan Alat Kesehatan pada Puskesmas se-Kabupaten Tanggamus, dan lain lain.

Selanjutnya, program 55 Aksi Bupati dan Wakil Bupati juga telah kita laksanakan dan sebagian besar membawa hasil dan dampak yang cukup baik, diantaranya:

1. Program 1 Ambulans 1 Pekon : saat ini telah tersedia 298 unit mobil Ambulans Pekon dan Kapal Ambulans Laut. 1 Pekon (Atar Lebar-BNS) belum memiliki, dikarenakan lokasi medan transportasi sangat menyulitkan sehingga belum terakomodir.

2. 17 Puskesmas Rawat Inap yang ada, telah memiliki Alat USG.

3. Akte kelahiran sudah dapat diterima di klinik bersalin, Puskesmas Rawat Inap dan RS.

4. Pelayanan Adminduk dengan mobil e-KTP keliling yang rutin dilaksanakan dan tidak dipungut biaya.

5. Perluasan Jaringan Komunikasi, dengan fasilitasi pembangunan Menara Telekomunikasi di daerah terpencil, diantaranya pembangunan BTS di Kelumbayan, Cukuh Balak dan Pematang Sawa.

Selain itu, prestasi dan penghargaan yang diterima Kabupaten Tanggamus diantaranya:
1. Meraih opini WTP dari BPK. Merupakan raihan 4 tahun berturut-turut selama 4 tahun menjabat Bupati Tanggamus. Secara total Tanggamus telah meraih 7 kali Raihan WTP dari BPK (Tahun 2015, 2017, 2018, 2019, 2020, 2021 dan 2022).

2. Juara Umum MTQ Tingkat Provinsi Lampung. Ini merupakan raihan Juara Umum untuk 6 kali berturut-turut sejak Tahun 2016 sampai dengan Tahun 2022.

3. Meraih Penghargaan Sebagai Kepala Daerah Perempuan Inspirati Peduli sosia kemasyarakatan, dari Radar Lampung.

4. Meraih Penghargaan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2022 dengan Kategori Kabupaten
Terinovatif, dari Kemendagri dan masih banyak lagi penghargaan lainnya.

HUT dihadiri Wakil Bupati AM. Syafi’i, Ketua DPRD Heri Agus Setiawan, Porkofomda, Para Asisten dan Staf Ahli Bupati, Para Kepala OPD Terkait, Kalapas, Karutan, Kemenag, Unsur Vertikal BUMN, BUMD, Ketua TP PKK Tanggamus. ketua Dharma Wanita Persatuan, Ketua Bayangkari, ketua Persit Kartika Chandra Kirana, Camat beserta ketua TP PKK Kecamatan se Tanggamus, Lurah, Abdesi, Kepala Pekon, serta peserta upacara. (ADV).

Facebook Comments