Ratusan Pelajar Datangi Kantor DPRD Lampung, Mingrum Gumay Sampaikan Pesan Positif

0

Grahapost.com Bandar Lampung – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lampung, Mingrum Gumay SH., MH, menyambut kunjungan ratusan pelajar dari SMA N 1 Seputih Raman di ruang rapat Komisi Besar DPRD Lampung. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka penguatan profil pelajar terhadap ideologi Pancasila. Rabu (30/8/2023).

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Lampung, Mingrum Gumay SH., MH, mengungkapkan bahwa Gedung DPRD ini adalah rumah bagi seluruh rakyat, tempat aspirasi disampaikan, dan kemudian ditindaklanjuti sesuai dengan tugas pokok dan fungsi DPRD yang diamanahkan oleh Undang-Undang No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

“Gedung DPRD ini terbuka bagi siapa pun, terutama generasi muda seperti kalian. Kita tidaklah selalu sempurna dalam melaksanakan tugas dan amanah ini, dan kita tidak bisa melakukannya sendiri. Kita butuh kerjasama dari semua pihak, termasuk pelajar,” ujar Mingrum.

Sebagai Inisiator Pembinaan Ideologi Pancasila di Lingkungan DPRD Lampung, Mingrum Gumay berharap program penguatan Pancasila ini tidak hanya berhenti di lingkungan pelajar saja. Menurutnya, pesan-pesan positif ini harus disampaikan lebih luas, terutama di lingkungan terdekat seperti keluarga. Tujuannya adalah untuk menciptakan suasana kondusif dan harmonis dalam konteks bernegara, berbangsa, dan bermasyarakat.

Selain itu, Mingrum juga mengingatkan pelajar tentang pentingnya memahami demokrasi Indonesia dengan konteksnya sendiri. “Anak-anak perlu diingatkan bahwa demokrasi Indonesia berbeda dengan demokrasi di luar negeri. Kita menjunjung tinggi adat, budaya, dan adab dalam demokrasi kita. Kebebasan menyampaikan pendapat harus dilakukan dengan cara yang bijaksana, bukan untuk merendahkan atau menghina orang lain. Ingatlah, kita adalah bangsa Indonesia,” tegasnya.

Dalam akhir kunjungan ini, para pelajar dan anggota DPRD saling berjabat tangan sebagai tanda kerjasama dan semangat bersama. Kunjungan ini menjadi bukti konkret bahwa kolaborasi antara pemuda dan pemimpin dapat menghasilkan efek positif yang signifikan dalam pembangunan masyarakat dan daerah.

Di waktu yang terpisah, Ketua DPRD Lampung mengatakan bahwa dirinya telah merespon positif terhadap pesan-pesan yang disampaikan oleh para pelajar. Ia mengakui bahwa kontribusi generasi muda sangatlah penting dalam menciptakan perubahan positif dalam masyarakat.

“Para pelajar itu adalah agen perubahan yang bisa membawa Lampung menuju masa depan yang lebih cerah. Kami siap mendukung langkah-langkah positif mereka,” ujar ketua DPRD Lampung saat ditemui.(*)

Facebook Comments