Juara 1 Nasional, Pj Bupati M. Firsada Terima Penghargaan Dari BKKBN RI

0

Grahapost Tubaba – Penjabat (Pj) Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba) Drs. M. Firsada, M.Si., menerima penghargaan dari Pemerintah Pusat melalui Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN RI) Hasto Wardoyo.

Penyerahan penghargaan ini bertepatan dengan menyemarakan rangkaian Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 yang berlangsung di Hotel PO Semarang, Jawa Tengah. Rabu (26/06/2024).

Ditahui, penghargaan yang diraih merupakan Rumah Data Kependudukan (RDK) Tiyuh (Desa) Pulung Kencana, Kecamatan Tulangbawang Tengah, Kabupaten Tubaba, Lampung, ditetapkan sebagai juara 1 Nasional berdasarkan hasil penilaian seleksi administrasi, penilaian profil, wawancara serta verifikasi lapangan oleh tim penilai BKKBN RI. RDK Tiyuh Pulung Kencana ditetapkan sebagai pemenang Apresiasi RDK terbaik 1 tingkat Nasional kategori digital.

Atas diraihnya prestasi tersebut, Pj Bupati M. Firsada mengungkapkan rasa bangga dan bersyukur atas pengakuan ini, yang menunjukkan komitmen dan kerja keras seluruh tim terkait dalam memanfaatkan teknologi digital secara optimal untuk menangani pravelensi stunting dan kemiskinan ekstrim di Tubaba.

“Penghargaan ini bukan hanya tentang prestise, tetapi juga tentang makna yang lebih dalam. Penghargaan ini sebagai pengakuan atas upaya kita semua dalam rangka mewujudkan good coorporate governance, karena melalui Rumah Data Kependudukan digital konsep transparansi, akuntabilitas dan responsibility dapat terwujud.”

“Melalui implementasi Rumah DataKu, kita akan terus berupaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan memanfaatkan data dan teknologi sebagai katalisator transformasi positif,” tambahnya.

M. Firsada menegaskan, kunci keberhasilan ini adalah kolaborasi lintas sektor dan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat. “Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder dan semua pihak yang telah mendukung serta terlibat dalam upaya penerapan RDK di Kabupaten Tubaba,” tuturnya.

Menurut Pj Bupati, dalam menangani prevelensi stunting di daerah, ketahanan data dan kemampuan untuk mengakses informasi secara cepat dan akurat menjadi semakin vital. Oleh karena itu, sambung M. Firsada, Kabupaten Tubaba berkomitmen untuk terus mengembangkan dan meningkatkan inisiatif terkait data digital guna mendukung kebijakan yang terukur dan tepat sasaran.

Pj Bupati juga mengajak seluruh stakeholders untuk terus mendukung upaya penguatan kapasitas, aksesibilitas, dan keberlanjutan program-program berbasis data di wilayah yang dipimpinnya.

“Bentuk dukungan ini diharapkan akan semakin memperkuat fondasi pemerintahan yang responsif dan inovatif dalam memenuhi kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

M. Firsada menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh tim yang terlibat dalam pengembangan dan implementasi RDK, serta kepada masyarakat yang telah turut serta dalam proses tersebut.

“Saya berpesan agar semangat kerja keras, inovasi, dan kolaborasi terus ditingkatkan demi mewujudkan visi Kabupaten Tubaba sebagai daerah yang menjadi contoh dalam pemanfaatan data digital untuk kesejahteraan bersama,” pungksanya. (Ta).

Facebook Comments