Unggul Suara di Lamsel dan Balam, Rycko Menoza Geser Sekjen Golkar di DPR RI

0

Grahapost Bandar Lampung – Rekapitulasi suara tingkat kabupaten kota yang dilakukan KPU Provinsi Lampung dari daerah pemilihan (Dapil) Lampung 1, pemilihan DPR RI telah selesai dilakukan.

KPU Provinsi Lampung sendiri telah merampungkan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara di tingkat Provinsi Lampung, pada hari Jumat, 8 Maret 2024.

Berdasarkan Form D di 8 hasil pleno tingkat kabupaten/kota Dapil Lampung 1, Rycko Menoza meraup suara terbanyak diantara Caleg Partai Golkar lainnya di Dapil yang sama.

Mantan Bupati Lampung Selatan periode 2010-2015 ini mengumpulkan sebanyak 53.813 suara. Rycko menjadi Caleg Partai Golkar dengan suara paling banyak diantara koleganya.

Kolega Rycko, Lodewijk F. Paulus, S.Hub.Int., sang petahana sekaligus Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Golkar yang menempati nomor urut 1, memperoleh 50.093 suara.

Diketahui, Dapil Lampung 1 terdiri dari Kota Bandar Lampung, Kota Metro, Kabupaten Lampung Selatan, Pesawaran, Pringsewu, Tanggamus, Pesisir Barat dan Lampung Barat.

Dari sebaran 8 kabupaten/kota tersebut, alokasi kursi yang diperebutkan sebanyak 10 kursi. Hasil penjumlahan suara di Dapil Lampung 1 tersebut, ditemukan Partai Gerindra mendapatkan 2 kursi, PDIP 2 kursi, PKB, Golkar, NasDem, PAN, Demokrat, dan PKS mendapatkan 1 kursi.

Masih berdasarkan Form D di 8 hasil pleno tingkat kabupaten/kota dari Dapil Lampung 1, Rycko Menoza hanya unggul di Lampung Selatan (Lamsel) dan Bandar Lampung (Balam).

Bermodalkan unggul suara di Kabupaten Lampung Selatan (24.346) dan Kota Bandar Lampung (18.580), Rycko Menoza dipastikan duduk di senayan menggeser petahana Lodewijk F. Paulus.

Kendati demikian, Rycko tidak mau jumawa atas hasil tersebut. Dirinya bersyukur sembari mengucapkan terima kasih untuk masyarakat pemilih yang masih memberikan dukungan dan kepercayaan kepada dirinya dan Partai Golkar sebagai wakilnya di pusat.

“Ini merupakan kemenangan Partai Golkar yang masih bisa bertahan dengan menempatkan kadernya untuk Dapil Lampung 1. Mudah-mudahan kemenangan ini bisa membawa manfaat untuk kemajuan Lampung,” kata Rycko melalui pesan WhatsApp, Jumat (8/3). (Rls)

Facebook Comments