Sekdaprov Lampung Hadiri Penyerahan Penghargaan Paritrana Awards Tahun 2023

0

Grahapost Bandar Lampung – Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Lampung Fahrizal Darminto menghadiri penyerahan penghargaan Paritrana Awards Tahun 2023, di Ballroom Hotel Novotel, Bandarlampung, Rabu (22/05/2024).

Pada kesempatan itu, Sekdaprov Fahrizal berharap acara ini dapat lebih mengoptimalkan perlindungan pekerja melalui Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Provinsi Lampung.

Sekdaprov Fahrizal berpesan kepada para OPD terkait kiranya dapat mendukung dan mengawal bersama bagaimana pelaksanaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Provinsi Lampung agar dapat berjalan maksimal.

“Kepada para Pimpinan Perusahaan/Badan Usaha untuk dapat berpartisipasi dalam mengikutsertakan pekerja di perusahaannya dalam program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, termasuk pekerja – pekerja rentan di sekitar lingkungan perusahaan,” ujar Fahrizal.

Fahrizal menjelaskan bahwa sesuai laporan BPJS Ketenagakerjaan capaian data cakupan kepesertaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Provinsi Lampung sampai dengan 31 Desember 2023 sudah mencapai 26,79%, atau sebesar 731.991 pekerja dari populasi pekerja Provinsi Lampung 2.732.195 pekerja.

Dengan rincian pekerja formal sebesar 564.386 dari 1.020.168 pekerja, atau sebesar 55,32% dan pekerja informal sebanyak 167.605 dari 1.712.027 pekerja, atau sebesar 9,79%.

Fahrizal mengucapkan selamat kepada para pemenang. “Semoga ini akan menjadi langkah besar dalam meningkatkan awareness jaminan sosial ketenagakerjaan khususnya bagi seluruh masyarakat Lampung,” Fahrizal.

Dalam kesempatan ini, Sekdaprov Fahrizal didampingi Muhyidin selaku Kepala Kanwil BPJS Ketenagakerjaan Sumbagsel, dan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Bandar Lampung. Juga memberikan sejumlah penghargaan kepada masing-masing pemenang.

Seperti diketahui, Paritrana Award merupakan apresiasi pemerintah kepada Pemerintah Daerah, Pemerintah Desa, dan Pelaku Usaha yang telah mendukung implementasi program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek) untuk mewujudkan Universal Coverage Jamsostek.

Sementara itu, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kacab Bandar Lampung, selaku Ketua Pelaksana, Sulistijo Nisita Wirjawan menjelaskan bahwa Pemberian Paritrana Award merupakan apresiasi untuk mendorong terwujudnya cakupan keseluruhan (universal coverage) perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Salah satu indikator dalam penilaian Paritrana Award adalah tingginya kepedulian dan partisipasi aktif perusahaan dalam mendorong terciptanya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan,” ujar Sulistijo.

Sulistijo menjelaskan bahwa Paritrana Award ini juga ditujukan untuk meningkatkan kepatuhan dan kepedulian pemberi kerja atau badan usaha terhadap peraturan Jamsostek dan pekerja rentan.

“Sehingga harapannya setelah penyerahan penghargaan ini, semakin banyak masyarakat yang paham akan pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan dan dapat mencegah kemiskinan baru,” ujar Sulistijo. (*)

Facebook Comments